Knalpot bocor
Baru-baru ini saya merasakan perubahan pada suara knalpot yang keluar dari mobil Kia Picanto tahun 2008 yang saya miliki. Biasanya suaranya cukup hening dan tidak berisik, namun kali ini bunyi knalpot saya berubah menjadi seperti bunyi knalpot mobil sport alias boil balap. Saya bukannya senang, justru khawatir knalpot saya telah mengalami kebocoran. Sebagaimana disadur dari artikel TEMPO Interaktif online, berikut adalah tips cara mengatasi knalpot bocor pada mobil Anda:
Jakarta - Tenaga mobil Anda loyo meski tidak ada bagian dari mesin yang bermasalah? Cobalah menengok knalpot, barangkali ada kebocoran di pipa saluran gas buang hasil pembakaran tersebut.
"Bila knalpot bocor, maka energi panas dari sisa proses pembakaran tidak bisa dimanfaatkan lagi," kata Bambang Irawan, pemilik bengkel knalpot Surya Buana, Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (2/2).
Menurut Bambang, di mobil keluaran terbaru, sisa gas buang didaur ulang menjadi energi dan disalurkan ke mesin dan dimanfaatkan dalam proses pembakaran. Sehingga pembakaran di ruang bakar berlangsung sempurna dan tenaga pun semakin tok cer.
Dia menyebut, dalam kondisi normal dari 100 persen panas yang dihasilkan mesin, 32 persen di antaranya hilang akibat pendinginan di perangkat tersebut. Sedangkan 34 persen hilang karena terbuang, 6 persen hilang akibat gesekan, 3 persen hilang akibat proses kerja di berbagai peranti pompa di mesin.
"Sehingga praktis hanya 25 persen dari panas itu yang dimanfaatkan menjadi tenaga. Jumlah yang relatif kecil tersebut semakin kecil jika knalpot bocor," kata Bambang.
Knalpot yang bocor tak cuma menyebabkan tenaga loyo, tetapi juga memicu boros bahan bakar. Pasalnya, mobil perlu tenaga ekstra untuk melaju, dan tambahan tenaga berarti juga membutuhkan asupan bahan bakar.
Oleh karena itu, ia mewanti-wanti agar pemilik mobil melakukan perawatan knalpot, mengenali gejala-gejala peranti itu bocor, serta cara untuk mengatasinya.
Bagaimana caranya? Bambang berbagi tips untuk Anda:
ARIFARIANTO - TEMPO Otomotif.
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2011/02/02/123310671/Cara-Mudah-Mengatasi-Knalpot-Bocor
Knalpot mobil bocor dan mengeluarkan asap hitam pekat. |
Jakarta - Tenaga mobil Anda loyo meski tidak ada bagian dari mesin yang bermasalah? Cobalah menengok knalpot, barangkali ada kebocoran di pipa saluran gas buang hasil pembakaran tersebut.
"Bila knalpot bocor, maka energi panas dari sisa proses pembakaran tidak bisa dimanfaatkan lagi," kata Bambang Irawan, pemilik bengkel knalpot Surya Buana, Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (2/2).
Menurut Bambang, di mobil keluaran terbaru, sisa gas buang didaur ulang menjadi energi dan disalurkan ke mesin dan dimanfaatkan dalam proses pembakaran. Sehingga pembakaran di ruang bakar berlangsung sempurna dan tenaga pun semakin tok cer.
Dia menyebut, dalam kondisi normal dari 100 persen panas yang dihasilkan mesin, 32 persen di antaranya hilang akibat pendinginan di perangkat tersebut. Sedangkan 34 persen hilang karena terbuang, 6 persen hilang akibat gesekan, 3 persen hilang akibat proses kerja di berbagai peranti pompa di mesin.
"Sehingga praktis hanya 25 persen dari panas itu yang dimanfaatkan menjadi tenaga. Jumlah yang relatif kecil tersebut semakin kecil jika knalpot bocor," kata Bambang.
Knalpot yang bocor tak cuma menyebabkan tenaga loyo, tetapi juga memicu boros bahan bakar. Pasalnya, mobil perlu tenaga ekstra untuk melaju, dan tambahan tenaga berarti juga membutuhkan asupan bahan bakar.
Oleh karena itu, ia mewanti-wanti agar pemilik mobil melakukan perawatan knalpot, mengenali gejala-gejala peranti itu bocor, serta cara untuk mengatasinya.
Bagaimana caranya? Bambang berbagi tips untuk Anda:
-
Penyebab
Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu knalpot bocor, di antaranya :-
Air kotor
Pada prinsipnya kebocoran terjadi karena bagian knalpot itu berkarat. Proses terjadinya karat bisa dikarenakan oleh kotoran yang bercampur dalam air kubangan dan mengenai bagian knalpot saat mobil melibas kubangan tersebut.
Beberapa bakteri yang ada di kotoran tersebut menyebabkan proses korosi di knalpot dengan memanfaatkan proses kimiawi kotoran yang menempel. -
Kondensasi
Perbedaan temparatur antara bagian dalam dan luar knalpot juga dinilai turut memcu proses karat di bagian peranti tersebut. Terlebih bila mobil kerap melintas di wilayah yang memiliki kandungan garam cukup tinggi, seperti di daerah yang dekat dengan pantai. -
Air mengendap di bagian dalam pipa
Kondisi tersebut bisa terjadi karena pemilik mobil kerap melakukan idling (stationer) atau berkendara dalam kecepatan rendah. Bila perilaku itu sering dilakukan dan dalam waktu yang lama, maka endapan air di knalpot akan sering terjadi.
"Coba perhatikan, saat melakukan pemanasan mesin mobil di pagi hari. Pasti dari pipa knalpot akan keluar air, nah keberadaan air yang tidak dibuang akan memicu karat yang menyebabkan bocor," ujar Bambang. -
-
Cara mendeteksi
Cara untuk mengetahui apakah knalpot bocor cukup mudah. Aktifkan mesin dan kemudian biarkan selama tiga menit, setelah itu dengarakan apakah suara mesin lebih keras dari biasanya? Bila ya, maka ada kemungkinan bagian dari knalpot bocor.
Cara lainnya, langsung melihat ke bagian knalpot. Bila ada asap yang keluar dari bagian lain selain dari lubang pipa berarti ada kebocoran. -
Pencegahan dan perbaikan
Untuk mencegah terjadinya kebocoran knalpot selain jangan sering melakukan idling (stasioner) mesin, para pemilik mobil juga sangat disarankan untuk menjaga kebersihan bagian kolong mobil. Mencuci mobil setiap selesai digunakan adalah cara yang paling baik.
Adapun untuk menagatasi atau perbaikan knalpot yang bocor adalah dengan mengelas bagian yang bocor. Namun itu dengan catatan, kebocoran masih kecil atau belum parah. Sebaliknya bila telah parah, sebaiknya diganti.
ARIFARIANTO - TEMPO Otomotif.
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2011/02/02/123310671/Cara-Mudah-Mengatasi-Knalpot-Bocor
Mksi informasi nya sangat menolong 🙏
ReplyDelete